Selasa, 29 Mei 2012

Analisis Kasus Suap di KEmenterian Tenaga Kerja dan Transmigrasi

PERMASALAHAN

1.      Kasus suap di Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Kamis (25/8/2011) kemarin, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menangkap tersangka suap yang terkait pencairan anggaran dana pembangunan infrastruktur.

Tersangka dugaan suap tersebut di lakukan oleh dua orang pejabat Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Tentu hal ini langsung menyeret nama Muhaimin Iskandar sebagai Mentri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.Namun Muhaimin Iskandar siap di periksa KPK untuk memberikan informasi apapun mengenai hal tersebut untuk membantu penyidikan KPK.

"Oh tentu saya siap di periksa KPK untuk memberikan keterangan" Kata Muhaimin setelas melepas rombongan mudik karyawan Indofood di lapangan parkir,Pekan Raya Jakarta,Jumat(26/8).

Dan Muhaimin juga mengungkapkan bahwa pihaknya menyerahkan proses masalah ini kepada KPK,dan Muhaimin juga meminta seluruh jajaran Kemenakertrans agar memberikan informasi jika di butuhkan oleh KPK.

Orang yang telah berhasil di tangkap oleh KPK antara lain : Sesditjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) I Nyoman Suwisnaya (INS),Kepala Bagian Perencanaan dan Evaluasi P2KT di Kementerian Tenaga Kerja danTransmigrasi (Kemenakertrans) Dadong Irbarelawan (DI),dan pihak swasta Dharnawati (DNW).

Orang-orang tersebut di tangkap tangan oleh KPK terkait suap dalam anggaran pembangunan infrastruktur daerah transmigrasi di 19 kabupaten di Indonesia.Dana infrastruktur yang di alokasikan dari APBN-P 2011 itu sebesar Rp 500 miliar.
2.      Muhaimin Yakin Tidak Terseret Kasus Suap
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar yakin tidak akan terseret kasus dugaan suap Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Tertinggal (PPIDT) di Kemenakertrans.
Menurut Muhaimin, semuanya akan berjalan baik-baik saja, sebab proyek infrastruktur transmigrasi senilai Rp 1,5 miliar yang melibatkan dua pejabat di kementeriannya itu ada di daerah.
"Saya melihat jauh sekali posisi anggaran itu. Anggaran itu di daerah, tender juga di daerah, semua di daerah," terang Ketua Umum PKB ini, Selasa (06/09/11).
Muhaimin menyerahkan sepenuhnya kasus yang diduga melibatkan dirinya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Maka itu, Muhaimin menunggu perkembangan kasus suap yang saat sedang diselidiki oleh KPK.
"Kita tunggu saja apa yang menjadi bagian dari proses penegakan hukum," ungkapnya.
Dengan terbongkarnya kasus suap di Kemenakertrans, Muhaimin bertekat akan membenahi internal di Kementeriannya.

PEMBAHASAN

Berdasarkan kasus-kasus diatas yang telah saya ambil dari internet, saya dapat menganalisis bahwa:
Kasus 1: dari kasus ini, KPK harus membuat tim khusus anti body, karena apabila ada sekelompok orang yang tidak suka dengan kerjanya KPK yang telah menangkap orang yang berbuat korupsi. Rencana tersebut harus sudah di persiapkan dengan matang untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Dan hambatannya akan banyak kelompok-kelompok lain yang berusaha menjatuhkan tim khusus yang akan dibentuk KPK, karena kelompok-kelompok tersebut tidak ingin keburukannya atau korupsinya diketahui oleh KPK. Oleh karena itu, KPK harus mempersiapkan rencana tersebut dengan sebaik-baiknya seperti pada perencaan strategik. Agar kinerja KPK juga berjalan lancar demi mengungkap kasus korupsi tersebut.
Kasus 2: dari kasus tersebut dapat saya analisis bahwa seharusnya Muhaimin membuktikan kepada KPK bahwa dirinya tidak bersalah. Dan proyek yang disebut-sebut Muhaimin, harusnya dapat direncakan dengan baik olehnya, bukan hanya direncanakan tapi untuk ditunda. Dan itu justru akan menjadi penghambat perencanaan mengenai proyek infrastruktur. Dan segala sesuatu yang sudah direncanakan harus dipikirkan dengan matang agar meminimalkan kesalahan yang mungkin akan terjadi serta mengantisipasi.

PENUTUP

Dengan menyelesaikan tugas ini, dapat saya simpulkan dari kasus-kasus yang dan dari analisis yang sudah saya buat, bahwa perencanaan yang sudah direncanakan belum tentu dapat dilaksanakan dan dipraktekkan dengan lancar. Pasti ada suatu masalah yang ada, entah dari diri perencana yang hanya akan mementingkan diri sendiri sehingga terjadi penyimpangan dan tujuan yang diinginkan tidak dapat dicapai. Seharusnya perencanaan itu harus sesuai dengan pendapat yang diungkapkan oleh  Garth N. Jone (Perencanaan sbg suatu proses) :
Perencanaan adalah proses pemilihan & pengembangan dari tindakan yang paling baik/menguntungkan untuk mencapai tujuan. Dengan begitu, tidak akan terjadi kesalahan dan hambatan-hambatan dalam pengambilan keputusan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar